Berita terbaru

INSTALL CODEC MULTIMEDIA DI UBUNTU TANPA BASA - BASI

Secara default, Ubuntu memang tidak menyertakan codec atau pustaka untuk memutar format audio / video yang bersifat tidak bebas (lisensinya) karena tidak bisa didistribusikan secara sembarangan. Seperti misalnya format MP3, WMA, DVD, dsb.



Agar anda bisa memutar file audio / video yang berformat tidak bebas, anda bisa menginstal beberapa paket software melalui APT. Karena ada beberapa paket software yang tidak ada di repository resmi Ubuntu, maka anda harus mengatur repository tambahan dengan cara berikut (diasumsikan bahwa anda telah mendaftarkan repository utama ubuntu di APT) :

1.

Buka terminal,
2.

Ketik perintah “sudo gedit /etc/apt/sources.list”,
3.

Pada baris kosong file teks yang anda buka, ketik “deb http://packages.medibuntu.org/ intrepid free non-free”. Lalu simpan file tersebut,
4.

Ketik perintah “sudo apt-get update”. (Pastikan anda terkoneksi ke internet),

Sekarang, anda tinggal ketik perintah berikut ini untuk menginstal semua codec untuk Ubuntu :

apt-get install non-free-codecs

Setelah proses download dan instalasi selesai, anda bisa membuka file video / musik berformat tidak bebas melalui aplikasi Totem. Jika ternyata berhasil, maka selamat untuk anda!

CATATAN : Tidak seperti repository Ubuntu, repository Medibuntu tidak tersedia dalam bentuk CD/DVD. Sehingga, bagi pengguna yang tidak memiliki koneksi Internet langsung, akan sulit untuk menginstall codec tambahan pada sistem operasi Ubuntu. Hal ini bisa diakali dengan cara mendownload paket “w32codecs” pada melalui link dibawah ini :

http://packages.medibuntu.org/pool/non-free/w/w32codecs/w32codecs_20071007-0medibuntu3_i386.deb

Lalu menginstal kedua paket tersebut dengan mengklik gandanya satu persatu melalui file manager. Setelah itu, install paket codec yang sudah disertakan di repository DVD Ubuntu (anda harus sudah mendaftarkannya sebagai repository terlebih dahulu) dengan perintah :

apt-get install gstreamer0.10-plugins-ugly gstreamer0.10-plugins-ugly-multiverse gstreamer0.10-plugins-bad gstreamer0.10-plugins-bad-multiverse gstreamer0.10-ffmpeg gstreamer0.10-pitfdll libavcodec-unstripped-51 libmp3lame0 libdvdread3

Jika merasa kepanjangan, cukup copy paste saja.http://www.wirama.web.id/2008/12/install-codec-multimedia-di-ubuntu_13.html

0 komentar:

Posting Komentar