Berita terbaru

Menyalin ISO Live CD Linux ke Flashdisk


Anda mungkin sedang bergembira, sebab distro Linux yang anda idam-idamkan telah berhasil anda unduh atau berhasil anda salin dari teman anda. Kemudian hasrat untuk mencobanya akan muncul. Namun mungkin saja anda malas untuk membeli CD/DVD kosong di luar rumah untuk membakar berkas ISO hasil unduhan ke dalam CD/DVD. Atau bahkan, komputer anda tidak memiliki alat untuk membaca atau burning CD/DVD (seperti misalnya netbook).



Nah jika anda merasakan hal tersebut, anda tidak perlu khawatir. Cukup bermodal sebuah flashdisk dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran berkas ISO, kemudian gunakan sebuah tool bantu bernama Unetbootin yang bisa anda unduh melalui website http://unetbootin.sf.net. Tool ini tersedia baik untuk Windows dan Linux. Khusus untuk Ubuntu, anda bisa mendapatkannya melalui repository Ubuntu dengan nama paket "unetbootin", kemudian aplikasi ini bisa dibuka melalui menu System Tools.


Kemudian anda bisa memilih berkas ISO yang ingin anda salin ke flashdisk melalui opsi "Diskimages", kemudian klik tombol "..." untuk menentukan lokasi berkas ISO. Selanjutnya, tentukan tujuan flashdisk pada opsi "Type" dan klik tombol OK. Maka isi berkas ISO akan disalin ke dalam flashdisk.

Selanjutnya flashdisk bisa digunakan untuk booting terhadap distro Linux Live CD yang anda inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar