Berita terbaru

Air Terjun Sunggah


; Obyek Wisata Yang Indah dan Alami
Pemandangan Asri Memesona
Selain dikenal dengan kesenian reog, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur juga dikenal sebagai daerah obyek wisata yang indah dan memesona. Diantaranya, Telaga Ngebel, Air Terjun Banaran, Air Terjun Sunggah dan Watu Semaur.



Ponorogo, Kabarindo- Belum banyak yang tahu jika di Kabupaten Ponorogo masih terdapat beberapa obyek wisata yang indah, alami dan mempesona, seperti obyek wisata Air Terjun Sunggah yang terdapat di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih ini mempunyai pemandangan yang indah dan masih alami.

Air yang meluncur deras dari ketinggian, jatuh mengenai bebatuan yang ada di bawahnya menimbulkan suara gemericik air menambah suasana yang asri.

Air yang berasal dari pegunungan ini terasa begitu dingin saat disentuh. Selain dingin, air yang mengalir juga sangat jernih. Tak hanya itu, aliran air terjun Sunggah yang dibawahnya dipenuhi berbagai jenis ikan ini terus mengalir sepanjang tahun.

"Biasanya, kalau musim kemarau, suara gemericik air akan terdengar sampai jauh. Suara gemericik air ini oleh masyarakat sini dijadikan sebagai pertanda akan datang musim kemarau. Selain airnya dingin dan jernih, pemandangan di sekitarnya juga masih alami," ujar Bambang, Kepala Desa Selur kepada Kabarindo.

Menurut dia, selain air terjun Sunggah, di desa ini jug terdapat obyek wisata lain, Watu Semaur. Yakni, sebuah tebing batu besar yang berada di tengah-tengah padang rumput. Tebing batu ini oleh warga setempat kemudian dinamakan Watu Semaur, karena jika ada orang berteriak akan menggema seperti berteriak di dalam gua.

Watu Semaur juga sering dimanfaatkan oleh para penghobi olah raga panjat tebing atau climbing. Karena, Watu Semaur mempunyai ketinggian sekitar 125 meter, sehingga sangat cocok untuk mengadu nyali menaklukan ketinggian tebing ini. Jika musim kemarau, area di sekitar Watu Semaur sering dijadikan tempat berkemah.

"Banyak pengunjung yang sengaja berkemah disini untuk menikmati keindahan Watu Semaur sambil panjat tebing. Mereka berasal dari Ponorogo, Madiun, Magetan dan banyak juga dari Surabaya," ujar Bambang.

Untuk menarik wisatawan mau berkunjung ke obyek wisata air terjun Sunggah dan Watu Semaur, pihak desa setempat melalui Dinas Pariwisata Ponorogo mulai mempromisikan obyek wisata tersebut.

Selain pemandangannya yang indah, alami dan mempesona, akses menuju ke kedua obyek wisata ini sangat mudah dan bisa ditempuh sekitar 10 menit dari Kota Ponorogo.

0 komentar:

Posting Komentar